Saturday, November 13, 2010

Ramalan Babad Tanah Jawa : Letusan Merapi dan Semeru Tanda SBY Lengser ??

|


Pesan Hari Akhir - Mungkinkah Presiden SBY dilengserkan atau digulingkan sebelum waktunya? Boleh percaya boleh tidak, tiap pergantian presiden di negeri ini ternyata selalu diawali dengan meletusnya gunung Merapi. Itu terjadi sejak lengsernya Bung Karno dengan tampilnya Pak Harto, Habibie, Gus Dur, Mbak Mega, sampai SBY.

Dalam Babad Tanah Jawi, juga Serat Kanda disebut, jika gunung Merapi mulai batuk-batuk dan disusul dengan meletusnya gunung-gunung yang lain, maka itu pertanda terjadi suksesi di tanah Jawa. Pakem berdasar mitos itu diyakini sampai kini.

Gunung Merapi juga amat disakralkan banyak orang. Popularitas Mbah Maridjan 'mengalahkan' pamor Sultan Hamengkubuwono X (HB X) juga gara-gara gunung ini. Ketika kawah Merapi menggelegak dan pengungsi mulai berhamburan, Raja Jawa itu meminta Mbah Maridjan, juru kunci gunung ini meninggalkan wewengkonnya (daerahnya).

Mbah Maridjan kukuh tidak mau mengungsi. Dia tetap dalam rumahnya yang berada persis di gigir gunung. Lelehan lava tak membuat lelaki khusyuk ini kabur. Malah beberapa pendaki yang bersembunyi di bunker buatan pemerintah setempat yang ditentang Mbah Maridjan bernasib sial. Saat lava mengalir, mereka mati gosong di dalamnya dan berikut Foto-foto Pasca Letusan Merapi.

Itu pangkal larisnya 'roso'. Itu muasal berdirinya masjid di depan rumahnya. Kendati maksud HB X menyuruh Mbah Maridjan turun gunung sangat manusiawi, tapi rakyat menangkapnya beda. Mereka berasumsi Mbah Maridjan lebih sidik paningale. Dia menyatu dengan Kiai Sapujagat, tokoh mistik yang dipercaya sebagai mbaurekso (penguasa) gunung ini. Dan dia tahu yang bakal terjadi.

Di Jangka Sabdo Palon Noyo Genggong Gunung Merapi kembali dijadikan sebagai pengingat. Kehancuran Pulau Jawa akan ditandai dengan letusan gunung ini, disusul gempa bumi dan laut yang menggelegak. "Pratanda tembayan mami, hardi merapi yen wus njebluk milir lahar."

Malah dalam serat ini terurai cukup rinci. Aliran lahar akan mengarah ke barat daya. Membakar tanaman dan membunuh manusia, hingga aroma anyir mayat bertebaran di mana-mana. Itu sebelum daerah lain di tanah Jawa lantak, ikut hancur lebur berkeping-keping. Terus bagaimana kabar gunung Merapi hari-hari ini?

Sudah sebulan ini Gunung Merapi batuk-batuk. Statusnya dari hari ke hari terus meningkat hingga terjadi  letusan terdahsyat dalam sejarahnya. Bagi orang Jawa, ini tengarai, bahwa tatanan negeri ini mulai tidak bajek (kokoh) lagi. Situasi chaostis mungkin terjadi. Kamtibmas terganggu. Dan bisa lebih dari itu. Adakah juga sinyal akan terjadinya suksesi?

Rasanya kok belum sampai ke sana. Berdasar ilmu titen, kegoncangan itu meminta tumbal pergantian pucuk pimpinan kalau sudah meletus dan diikuti letusan gunung- gunung lain yang dalam 'peta mistik' tidak disakralkan. Kali ini Merapi baru 'berdehem'. Gunung ini baru riuh di dalam perutnya, belum sampai muntah.

Kalaulah ada gunung lain yang bergejolak, justru itu adalah Gunung Semeru. Gunung ini dalam keyakinan Jawa dianggap sebagai 'gunung tua', identifikasi dari Mahameru. Gunung manjingnya (tinggal) Semar, sosok lelaki tua, sakti, sederhana, dan arif dalam pewayangan Jawa. Adakah dengan begitu SBY masih menjadi presiden sampai tahun 2014 nanti?

Related Articles:

6 comments:

kiki reskianti said... November 14, 2010 at 1:49 PM

masa iya sih??? Liat aja nanti klo udah penggantian.

BTW Linknya udah saya pasang.... di tunggu link backnya........

Anonymous said... January 24, 2011 at 11:36 PM

kURAFAT SEPERI INI YG BIKIN ADZAB tUHAN TURUN...SMW DPANDANG DRI SGI MISTIK,,BUKANX TOBAT PADA SANG PENCIPTA MLAH PERCAYA SETAN

jamur dwipo said... February 21, 2011 at 7:25 PM

klau SBY lengser ya memang sudah 2 periode,
kalau jawa atau kepulauan indonesia lainnya banyak bencana ya sudah wajar saja.resiko hidup ditanah yang subuh ya seperti ini. mohon jangan saling menuding juga mengadaikan namaNYA. percaya ngak percaya silahkan yang mmenerjemahkannya...

Halra said... May 11, 2014 at 7:24 PM

bukan hanya merapi dan semeru, sekarang banyak gunung pada aktif lagi dan njeblug.
hihihi,,, alam sudah mulai murka saat ini karena banyak eksploitasi yg dilakukan manusia telah menimbulkan banyak kerusakan

sktvnet said... May 27, 2014 at 7:37 AM

monggo sesarengan kito enget dumateng allah swt, wangsul kanthi ngamalaken nopo seng dipun dawuhaken allah swt

sktvnet said... May 27, 2014 at 7:39 AM

monggo engkang badhe ningali RBTV/kompastv saget ningali saking live streaming waonten alamat www.sktvbantul.blogspot.com

Post a Comment

Copyright © 2010 Pesan Hari Akhir